Find Us On Social Media :

Studi: Obat Diabetes Bisa Turunkan Risiko Kanker, Ini Penjelasannya

Menurut hasil penelitian, Metformin obat diabetes bisa turunkan risiko kanker.

GridHEALTH.id - Mungkin banyak yang bertanya-tanya, bagaimana mungkin obat diabetes bisa turunkan risiko kanker, apa hubungannya? Benarkah obat diabetes bisa berfungsi untuk mengurangi risiko kanker?

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Begini Cara Mengonsumsi Obat Diabetes yang Tepat!

Namun para peneliti menyimpulkan sebuah obat diabetes yang umum digunakan dapat mengurangi risiko peradangan dan pertumbuhan kanker. 

Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Montreal dan McGill University, keduanya berada di Kanada, menemukan bahwa metformin dapat mencegah perkembangan peradangan. Metformin sendiri adalah salah satu obat yang paling umum digunakan untuk diabetes.

Dr Gerard Ferbeyre mengatakan bahwa para ahli terkejut dengan hasilnya bahwa obat diabetes bisa turunkan risiko kanker.

"Kami telah menduga bahwa metformin bertindak dengan cara yang berbeda pada jalur yang berbeda pula untuk menurunkan risiko kanker," jelas Ferbeyre seperti yang dikutip Medical News Today (20/6).

 Baca Juga: Bukannya Bikin Sehat, Keramas Setiap Hari Membuat Rambut Jadi Rusak

Pada kanker paru-paru, metformin menunjukkan pengaktifan enzim yang dapat menahan zat mTOR, sebuah protein yang dapat membantu tembakau untuk menginduksi pertumbuhan tumor. Metformin sendiri berpotensi untuk memproduksi hormon antikanker dalam tubuhnya.