Find Us On Social Media :

Memori Indah Ternyata Dapat Membuat Anak Lebih Sehat dan Bahagia Saat Dewasa

ilustrasi keluarga bahagia

GridHEALTH.id - Tahukah, ternyata memori indah saat masa anak-anak sangat berpengaruh terhadap kesehatan ketika dewasa.

Baca Juga: Yuk Ajarkan Pola Hidup Sehat Agar Anak Terhindar dari Obesitas!

Meski memang tidak ada yang sempurna dalam hidup setidaknya para orangtua diharapkan bisa memberikan setidaknya memori bahagia pada si kecil.

Menurut studi oleh American Psychological Association pada 2018, orang-orang yang memiliki memori indah di masa anak-anak dan punya hubungan baik dengan orangtuanya cenderung lebih sehat dan bahagia ketika dewasa.

Sementara studi CDC-Kaiser Permanente Adverse Childhoof Experience (ACE) menemukan bahwa pengalaman traumatis selama masa anak-anak bisa membawa dampak sebaliknya ketika anak dewasa, seperti peningkatan risiko kecanduan, masalah kesehatan mental, trauma saat dewasa, serta kondisi yang mengancam kesehatan.

Terapis spesialis perawatan trauma, Reaca Pearl, MA, LPC, RYT, mengatakan, memberikan anak memori indah di masa kecilnya sangat lah penting.

Ibarat sebuah rumah, usahakan fondasi anak solid. Mulai lahir hingga berusia 6 tahun. Artinya, penuhilah kebutuhannya seperti makanan, tempat tinggal, banyak pelukan, cinta, perhatian orangtua, dan lainnya.

Baca Juga: Usia Hampir 40 Tahun Tapi Punya Body Goals, Ternyata Ini yang Dimakan Britney Spears!

Jika fondasi tersebut solid, anak akan memiliki stabilitas. Namun, jika pengalaman masa kecilnya membawa trauma, fondasi itu akan retak.