Find Us On Social Media :

Anak Dede Sunandar Idap Penyakit Langka Sindrom William, Organ Jantung Paling Kena Dampaknya

Anak komedian Deden Sunandar, Ladzan Syafiq Sunandar, tengah mengidap penyakit langka, yaitu Sindrom Williams.

GridHEALTH.id - Setelah menikah dengan Karen Hertatum, komedian Dede Sunandar, dikaruniai dua orang anak.

Baca Juga: Mengenal Plagiocephaly, Sindrom Kepala Datar yang Terjadi pada Bayi

Anak kedua mereka, Ladzan Syafiq Sunandar, tengah mengidap penyakit yang tidak banyak ditemukan atau bisa dibilang cukup langka, yaitu Sindrom Williams.

"Iya pak dia lagi sakit, dia punya penyakit yang beda dari semua orang. Penyakitnya William Syndrome. Jadi kayak benar jantung tapi paru-paru sampai lambung ada masalah Pak, jadi harus di operasi mau nggak mau," kata Dede seperti yang diberitakan detikcom.

Sindrom Williams adalah kelainan genetik langka yang menyebabkan berbagai gejala dan masalah belajar pada anak.

Dikutip dari WebMD, anak-anak dengan sindrom ini bisa memiliki masalah pada jantung, pembuluh darah, ginjal, atau organ lainnya.

Hidung, mulut, atau struktur wajah anak-anak dengan sindrom ini mungkin lebih unik daripada yang lain. Dan terkadang mereka mengalami kesulitan belajar.

Baca Juga: Seperti Inilah Penanganan Anak yang Mengalami Williams Syndrome, Seperti Diderita Anak Bungsu Komedian Dede Sunandar

Penyebabnya tidak lain adalah gen, sekitar 26 gen dihapus dari kromosom 7. Gejalanya pun tergantung pada gen yang hilang. Misalnya seseorang lahir tanpa gen ELN akan memiliki masalah jantung dan pembuluh darah.