Find Us On Social Media :

Pegang Peranan Vital, Jaga Kesehatan Hati Dengan Lakukan Kebiasaan Ini

Mencari sumber stres dan berusaha mengatasinya merupakan salah satu cara untuk jaga kesehatan hati.

 

GridHEALTH.id - Hati alias liver adalah salah satu organ vital dalam tubuh kita, sekaligus organ yang paling besar di dalam tubuh kita.

Baca Juga: Ciri-ciri Patah Hati itu Seperti Luna Maya dan Syahrini yang Saling Menghindar

Warnanya cokelat dan beratnya kurang lebih 1,5 kg. Letak hati berada di rongga perut kanan bagian atas, tepat di bawah rusuk bagian kanan.

Hati terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian kanan dan kiri. Bagian kanan hati enam kali lebih besar dari lobus kiri, yang tersembunyi sebagian di bawah tulang rusuk kanan. Bila terdapat gangguan pada hati, kadang terdapat nyeri di bagian tersebut.

Asal tahu saja, hati memiliki lebih dari 100 fungsi penting dalam mengatur keseimbangan tubuh. Kemampuan hati untuk multitasking membuat hati menjadi salah satu organ paling sibuk dalam tubuh, selain otak, jantung dan ginjal.

Hati merupakan pertahanan hidup dan berperan pada hampir setiap fungsi metabolisme tubuh. Hati mempunyai kapasitas cadangan yang besar dan fungsi jaringan untuk mempertahankan tubuh. Ia juga memiliki kemampuan regenerasi yang mengagumkan.

Kesibukan hati dalam menjalankan tugasnya dilakukan oleh sel hati yang disebut hepatosit. Melalui jutaan hepatosit inilah, hati melakukan tugasnya dengan baik.

Baca Juga: Ini Jawabannya, Mengapa Kelebihan Karbohidrat Bisa Bikin Cepat Gemuk

 

Pada manusia, hati memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga tubuh tetap bekerja dengan semestinya.