Find Us On Social Media :

Sebelum ke Dokter, Ini Cara Mengobati Masalah Gigi dan Mulut di Rumah

Berkumur dengan air garam dapat mengatasi nyeri akibat sakit gigi.

 

GridHEALTH.id - Jika ada masalah gigi dan mulut, biasanya kita segera berobat ke dokter gigi. Namun, dokter terkadang menyarankan untuk kembali lagi di lain waktu ketika rasa nyerinya sudah sedikit berkurang.

Baca Juga: Ini Dia 5 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Mudah dan Murah

Sebabnya, pada beberapa kasus, dokter gigi tidak bisa melakukan pengobatan apa pun saat gigi masih bermasalah.

Sambil menunggu jadwal dokter pada kunjungan kontrol selanjutnya, berikut ada beberapa tips rumahan untuk meredakan sakit gigi;

1. Kumur dengan air garam

Manfaat air garam untuk kesehatan mulut sudah tidak diragukan lagi. Salah satu cara mengobati sakit gigi yang paling cepat dan ampuh, apa pun penyebabnya, adalah dengan berkumur air garam.

Cara membuatnya cukup dengan melarutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air hangat (240 ml). Kumur dalam mulut selama beberapa saat, konsentrasikan pada area yang sakit. Kemudian buang bekas air kumur.

Garam akan menyerap kelembapan dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi.

Baca Juga: Bau Badan yang Aneh dan Tajam Jadi Ciri Khas Penyakit , Coba Cek

Sebelum berkumur, kita bisa flossing menggunakan benang gigi (dental floss) terlebih dulu untuk mengeluarkan sisa makanan yang terselip di sekitar gigi yang sakit.