Find Us On Social Media :

Hasil Penelitian: Gigi Sehat Pengaruhi Kepercayaan Diri Anak

Gigi sehat pengaruhi kepercayaan diri anak karena anak bisa mengaktualisasikan potensi dalam dirinya.

 

GridHEALTH.id -  Sebuah studi yang diselenggarakan pada 2018 di Connecticut, Amerika Serikat melaporkan, gigi sehat  pengaruhi kepercayaan diri anak.

Baca Juga: Sebelum ke Dokter, Ini Cara Mengobati Masalah Gigi dan Mulut di Rumah

Studi itu menyebutkan, dengan gigi sehat dan mulut bersih yang dipunyai, anak bisa mengaktualisasikan potensi dalam dirinya dengan berbekal kepercayaan diri.

Untuk bisa percaya diri, anak butuh nyaman dengan dirinya dan dukungan dari lingkungannya. Kenyamanan ini salah satunya didapatkan dari penampilan yang baik, antara lain gigi sehat terawat.

Gigi sehat  pengaruhi kepercayaan diri anak ini berkaitan dengan kenyamanan dirinya. Semakin anak nyaman dengan dirinya, kepercayaan dirinya akan meningkat.

Jadi, kalau anak nyaman dengan dirinya, termasuk penampilan fisiknya, ia akan lebih percaya diri menjalani berbagai aktivitasnya.

Misalnya, lebih aktif bertanya di kelas, berani dan percaya diri berkomunikasi dengan teman sebayanya, dan lainnya.

Baca Juga: Ucapkan Maaf Berkali-Kali Di hadapan Keluarga Korban Kecelakaan, Benarkah Dul Jaelani Alami Trauma Berkepanjangan? Kepercayaan diri ini perlu juga didukung oleh lingkungan. Kalau anak berpenampilan kurang baik, misal giginya rusak lantaran kurang menjaga kesehatan rongga mulut, orang lain di sekitarnya bisa saja berkomentar yang meruntuhkan kepercayaan dirinya. Alhasil, anak menutup diri dari lingkungan termasuk pergaulan dengan teman sebayanya.