Find Us On Social Media :

Salah Dipercaya, Ternyata Konsumsi Teh Tidak Sebabkan Erosi Gigi!

Ternyata konsumsi teh tidak sebabkan erosi gigi.

GridHEALTH.id- Salah satu kerusakan gigi yang paling rentan terjadi, yaitu erosi gigi. Erosi gigi adalah adalah terkikisnya enamel gigi yang disebabkan oleh asam.

Enamel sendiri merupakan lapisan gigi terkuat, yang berguna untuk melindungi gigi saat menggigit dan mengunyah serta mencegah gigi merasakan panas dan dingin, atau asam yang berlebihan saat mengonsumsi makanan atau minuman.

Baca Juga: Morning Sickness Saat Hamil Bisa Sebabkan Erosi Gigi, Ketahui Berbagai Cara Untuk Mencegahnya

Ketika enamel terkikis atau gigi mengalami erosi, akan membuat gigi lebih rentan berlubang dan membusuk.

Sayangnya, erosi gigi tidak dapat diperbaiki oleh tubuh dan akan berlangsung selamanya.

Sebab, enamel tidak memiliki sel hidup, sehingga tak dapat tumbuh kembali dan tubuh pun tidak dapat memperbaikinya.

Gejala-gejala yang kerap kali muncul saat gigi telah mengalami erosi, yaitu  gigi terasa sensitif saat mengonsumsi makanan atau minuman bersuhu panas, dingin, ataupun berasa asam, gigi berubah warna menjadi kuning, tepi gigi menjadi lebih kasar, tidak beraturan, serta bergerigi.

Biasanya, erosi gigi terjadi ketika kita banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam, seperti  soda, kopi, minuman beralkohol, permen, keripik, dan banyak lainnya.

Sulit memang untuk menghindari makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi ini. Namun rupanya, ada satu minuman yang seringkali dikonsumsi, tetapi aman dan tidak menyebabkan erosi gigi.