Find Us On Social Media :

Gigi Sensitif Sukar Disembuhkan, Ini Caranya Merawat Gigi Sensitif Agar Bebas Ngilu

Bagi pemilik gigi sensitif, dianjurkan untuk menggunakan produk yang diformulasikan khusus untuk gigi sensitif.

GridHEALTH.id - Jika gigi  terasa sakit ketika minum minuman panas atau dingin, kita mungkin memiliki gigi sensitif.

Baca Juga: Milenial Berisiko Alami Gigi Sensitif, Ternyata Ini Penyebabnya

Ini bisa akibat dari kerusakan gigi, gigi yang patah, tambalan yang aus, penyakit gusi, enamel gigi yang aus atau akar gigi yang terpapar akibat resesi gusi.

Merasa ngilu saat makan atau minum, memang terasa tidak nyaman. Selera makan yang tadinya tinggi pun, jadi menurun drastis.

Hal inilah yang biasanya dialami oleh pemilik gigi sensitif. Lalu, bagaimana cara untuk merawat gigi sensitif agar tidak menimbulkan rasa ngilu terus?

Kenali pemicu gigi sensitif

Gigi sensitif bisa bereaksi karena dipicu oleh suatu hal.Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk mengenali apa saja pemicu yang bisa menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Pemicu yang paling umum adalah makan makanan dingin/panas, minum minuman dingin/panas, makan makanan manis/asam, menyikat gigi terlalu keras hingga saat gigi terkena udara dingin. Jika mengalami gigi ngilu saat melakukan hal di atas, lebih baik hindari aktivitas tersebut.

Baca Juga: Penelitian Membuktikan Bahwa Polusi Udara Sebabkan Depresi Bagi Orang yang Menghirupnya

Penyebab lain gigi terasa ngilu

Selain pemicu di atas, gigi ngilu juga bisa disebabkan oleh hal lain. Mulai dari rasa ngilu yang disebabkan oleh kerusakan gigi atau gigi berlubang.