Find Us On Social Media :

Hari Jantung Sedunia 2019: Ini 5 Cara Mencegah Serangan Jantung

Perbanyak makan sayur dan buah untuk mencegah serangan jantung.

GridHEALTH.id - Data menunjukan hingga saat ini, penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke) menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit ini telah memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya.

Baca Juga: Ibunda DJ Bebby Fey Serangan Jantung Saat Diwawancara Wartawan, “Aku bukan wanita pembohong

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh National University Heart Centre Singapore (NUHCS) dan National Heart Centre Singapore (NHCS) mengungkapkan bahwa orang Asia mengalami penyakit jantung 10 tahun lebih muda dibanding dengan orang di belahan bumi bagian barat.

Pasien penyakit jantung dari Filipina memiliki usia rata-rata termuda yaitu pada usia 54 tahun, dibanding negara Asia lainnya yaitu Indonesia, 56 tahun; Taiwan, 63 tahun; Korea Selatan, 63 tahun; Jepang, 65 tahun dan Hong Kong, 68 tahun.

Sebagai pembanding, usia rata-rata pasien Eropa adalah 71 tahun. Di Indonesia, penyakit ini masih menjadi penyebab kematian tertinggi.

Setiap tanggal 29 September, kita memperingati Hari Jantung Sedunia. Momentum ini bisa untuk memulai menjaga kesehatan jantung, terutama jika berusia sekitar 40 tahun atau lebih.

Baca Juga: Segera Transplantasi Ginjal, Stevie Wonder Sementara Rehat Bermusik

Yang paling dikhawatirkan adalah serangan jantung mendadak atau cardiac arrest yang disebut-sebut sebagai pembunuh nomer satu karena datangnya tak terduga dan dapat menyebabkan kematian.