Find Us On Social Media :

Berita Kesehatan Popular: Gaya Minum Susu Seperti Ini Bisa Sebabkan Infeksi Telinga, dan Minuman Ini Racun Bagi Bayi tapi Jarang yang Tahu

Bayi sakit

GridHEALTH.idBayi sejak lahir diberi ASI, pada kondisi tertentu diberi susu formula. Karena itu adalah makanan utama, pertama, dna terbaik baginya.

Pada bayi besar, biasanya sudah punya gaya sendiri saat minum susu.

Baca Juga: Berikut Ini Gejala Infeksi Telinga Pada Orang Dewasa, Banyak yang Mengabaikannya

Nah, gaya minum susu yang katanya paling disukai bayi dan anak adalah sambil tiduran.

Tahu kah, jika minum susu botol seperti itu bisa menyebabkan infeksi pada telinga bayi dan juga anak?

Seperti dikutip dari NCBI, infeksi telinga tengah ini terjadi saat saluran eustachius tersumbat dan kebiasaan anak minum susu sambil tidur bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Diketahui infeksi telinga tengah merupakan infeksi bakteri yang terjadi pada telinga bagian tengah dan menyebabkan nyeri.

Baca Juga: Pemberian ASI Ternyata Dapat Mencegah Infeksi Telinga Pada Bayi, Tak Banyak yang Tahu!

Meski semua orang dapat mengalaminya, tapi sekitar 75% kasus infeksi telinga tengah terjadi pada anak-anak di bawah tiga tahun.

Terlebih saat minum sambil tiduran, sebab kebiasaan tersebut dapat lebih cepat mendorong bakteri di tenggorokan menuju saluran eustachius yang berakhir di telinga bagian tengah.

Saluran eustachius sendiri adalah saluran berbentuk tabung yang menghubungkan telinga tengah dengan tenggorokan dan hidung (nasofaring).

Fungsi utamanya adalah untuk mengendalikan tekanan di telinga.