Find Us On Social Media :

Mimisan Terlalu Sering, Bisa Merupakan Pertanda Adanya Penyakit serius

Sering mimisan bisa indikasikan kita mengidap penyakit ini

GridHEALTH.id - Mimisan atau dalam bahasa medis disebut 'epistaksis' disebabkan pecahnya pembuluh darah yang ada di pangkal hidung.

Baca Juga: Ibu Hamil Alami Mimisan, Bisa Jadi Persalinan Akan Berujung Sesar

Kondisi ini juga kerap disebut sebagai pendarahan hidung dan umum terjadi karena hidung memang memiliki banyak pembuluh darah.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi mimisan. Tapi sebagian besar mimisan dapat berhenti sendiri tanpa perawatan medis yang serius.

Namun demikian, jika frekuensi mimisan terlalu sering, bisa jadi itu merupakan pertanda adanya penyakit serius. Berikut beberapa penyakit yang menyebabkan terjadinya mimisan seperti ditulis oleh Halo Doc:

1. Karsinoma Nasofaring

 

Mimisan berulang adalah gejala umum dari karsinoma nasofaring. Kanker ini tak hanya menyebabkan mimisan, tapi juga menyebabkan ingus yang keluar selalu mengandung bercak darah.

Mimisan karena karsinoma nasofaring terjadi pada salah satu sisi hidung dan biasanya tidak menyebabkan perdarahan berat.

Baca Juga: Ngeri, Kedua Balita Ini Asyik Makan Kecoa Hidup-hidup Saat Ditinggal Sang Ibu Bersihkan Rumah

Karsinoma nasofaring adalah kanker yang terjadi pada nasofaring, yang terletak di bagian atas faring (tenggorokan), tepatnya di belakang hidung.