Find Us On Social Media :

Belum Banyak yang Tahu, Di Musim Hujan Risiko Hepatitis A meningkat

Di musim penghujan, risiko kena hepatis A meningkat.

GridHEALTH.id- Belum banyak yang tahu bahwa musim hujan menimbulkan munculnya risiko penyakit. Termasuk penyakit hepatitis A. Lingkungan yang kotor adalah salah satu penyebab utamanya.

Baca Juga: Kerap Dipakai Lelucon, Ternyata Obat ini Untuk Mengobati Hepatitis B

Sama seperti diare, penyakit ini disebabkan oleh virus melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi. Penularan hepatitis A melalui oral memiliki masa inkubasi 15 hingga 50 hari lamanya.

Beberapa gejala hepatitis A yang muncul di antaranya demam, linu pada persendian, kehilangan nafsu makan, pusing, dan perut tidak nyaman.

Menurut WHO hepatitis A adalah penyakit hati berupa virus yang dapat menyebabkan penyakit ringan sampai penyakit berat.

Virus hepatitis A dapat ditularkan melalui konsumsi makanan dan air yang terkontaminasi atau melalui kontak langsung oleh seseorang yang terkena virus hepatitis.

Virus hepatitis A berada pada puncaknya saat musim hujan, gejala yang akan timbul seperti demam, kehilangan nafsu makan, diare, mual, dan urine berwarna gelap.

Baca Juga: Habiskan Rp 100 Juta Untuk Program Bayi Tabung, Adik Raffi Ahmad Malah Kena Omel Tya Ariestya Akibat Remehkan Obat: 'Parah Banget Ih!'

Faktor risiko utama terinfeksi virus ini adalah sanitasi yang buruk, kekurangan air yang bersih, dan tinggal bersama dengan orang yang terinfeksi virus hepatitis tanpa diimunisasi.