Find Us On Social Media :

Sesak Napas Saat Hamil di Trimester 3, Ini Cara Mengatasinya

ilustrasi ibu hamil

nakita.com - Saat hamil, ibu akan mengalami beberapa perubahan pada tubuh dan juga merasakan sesuatu yang mungkin belum pernah dialami sebelumnya, sesak napas saat hamil.

Baca Juga: Sering Sesak Napas Atau Napas Terasa Pendek, Bisa Jadi Derita Hipoventilasi

Kondisi tersebut tentu dapat membuat kita menjadi tak nyaman. Namun,  tak perlu khawatir karena ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi sesak napas saat hamil.Sesak napas umumnya terjadi pada trimester ketiga, karena pada usia kehamilan tersebut bayi tumbuh mendorong naik sehingga diafragma dan paru-paru akan mengalami perubahan dari keadaan normalnya. Kondisi itulah yang membuat ibu hamil bernapas lebih cepat dari biasanya.Selain itu, sesak napas yang terjadi pada ibu hamil juga bisa terjadi karena adanya gejala anemia. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh dan janin.

Akan tetapi, jika mengalami anemia, maka tubuh  harus bekerja lebih keras untuk menyediakan oksigen yang cukup untuk diri ibu sendiri dan janin sehingga kemungkinan terjadi gangguan dalam pemasokan oksigen, hingga mengakibatkan sesak napas.

Berikut ada 5 cara sederhana untuk mengatasi sesak napas saat hamil, seperti dikutip dari American Pregnancy Association:

Baca Juga: Tengah Menanti Kelahiran 'Jagoan' dari Istri Kedua, Ahok Unggah Foto Pernikahan dengan Puput Nastiti Devi Beredar1. Makanan sehat

Makanan sehat tentu baik untuk tubuh dan bahkan dapat menghindari ibu hamil dari berbagai penyakit.