Find Us On Social Media :

Kabar Gembira Bagi Penderita Multipe Sclerosis, Sinar Matahari dan Vitamin D3 Kurangi Angka Kekambuhan

Sinar matahari dan suplemen vitamin D3 bermanfaat menambah imunitas penderita penyakit autoimun.

GridHEALTH.id - Multiple Sclerosis (MS) adalah penyakit jangka panjang yang dapat memengaruhi otak, sumsum tulang belakang, dan saraf optik di mata.

Baca Juga: Komedian Pepeng Meninggal Akibat Penyakit Autoimun Multiple Sclerosis, Penyakit yang Belum Ada Obatnya

Ini dapat menyebabkan masalah penglihatan, keseimbangan, kontrol otot dan fungsi dasar tubuh lainnya. Dilansir dari WebMD seringkali berbeda untuk setiap orang yang memiliki penyakit ini.

MS terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang bahan berlemak yang disebut myelin yang membungkus serat saraf untuk melindunginya.

Tanpa kulit luar ini, saraf seseorang menjadi rusak. Kerusakan ini berarti otak tidak dapat mengirim sinyal melalui tubuh dengan benar.

Saraf juga tidak berfungsi sebagaimana mestinya untuk membantu seseorang bergerak dan merasakan. Akibatnya, ia mungkin memiliki gejala seperti kesulitan berjalan, selalu merasa lelah, lemah atau kejang otot, susah mengingat, dan penglihatan terasa kabur atau ganda.

Gejala pertama sering dimulai antara usia 20 dan 40. Semetara itu, penyebab MS masih belum diketahui. Namun, ada banyak hal yang tampaknya membuat penyakit ini berisiko.

Baca Juga: Menjelang 40 Wajah Mulus Dewi Sandra Makin Banyak Dipuji, 'Padahal Saya Lebih Suka Ke Majelis Taklim Daripada Ke Klinik Kecantikan'

Orang dengan gen tertentu mungkin memiliki peluang lebih tinggi untuk mengalaminya. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko.