Find Us On Social Media :

Penyakit Autoimun Lupus Perlu Diwaspadai 5 Golongan Berisiko Ini, Siapa Saja?

Wanita, seperti halnya Selena Gomez, lebih berisiko menderita lupus,

GridHEALTH.id - Lupus merupakan penyakit autoimun. Kondisi saat sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang kehilangan kemampuan untuk membedakan substansi asing dengan sel jaringan tubuh sendiri.

Baca Juga: Ini Dia Gejala-gejala Awal Bila Penyakit Autoimun Lupus Muncul

Kondisi ini membuat sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat, seperti jantung, ginjal, paru–paru, kulit, serta otak.

Saat kita  terinfeksi Lupus, penyakit ini tidak bisa sepenuhnya hilang dari tubuhmu. Ada masanya Lupus kambuh dan tidak.

Kambuhnya Lupus terkadang dipicu oleh paparan sinar matahari, rokok, dan fluktuasi hormon. Pil KB sendiri juga sudah terbukti menyebabkan munculnya Lupus.

Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Awal Bros Batam, dr. Arif Koswandi, SpPD-KGEH, seperti dikutip dari awalbros.com mengatakan, penyakit ini termasuk kategori penyakit langka, namun siapa saja bisa terkena. Kejadiannya 20 hingga 30 orang per 1.000 penduduk.

Sebagian besar diderita oleh wanita, dengan perbandingan 9 wanita dengan 1 pria, sedangkan kelompok usia yang sering terkena adalah usia 15 hingga 45 tahun.

“Penyebab pasti lupus belum diketahui. Diduga faktor genetik atau dicetuskan oleh infeksi, stress, pancaran sinar matahari, dan obat obatan,” kata dokter Arif.

Sedangkan dilansir dari situs WebMD, meskipun kita sudah menghindari pemicunya, beberapa penelitian membuktikan bahwa beberapa orang dengan kondisi tertentu seperti di bawah ini berisiko untuk terkena Lupus.

Baca Juga: Menteri Kesehatan Dokter Terawan Diperintah Presiden Jokowi Segera Selesaikan Pekerjaan Rumah Ini, Apa Saja?

Jenis kelamin

Hampir 90% dari mereka yang terkena Lupus adalah wanita dengan rentang usia yang beraneka ragam mulai dari anak-anak, remaja, hingga wanita dengan usia subur. Namun, hal ini bukan berarti bahwa pria aman dari serangan Lupus.