Find Us On Social Media :

Bayi  Baru Lahir Matanya Merah, Bisa Akibat Virus yang Ditularkan Ibunya

Bayi baru lahir bisa mengalami mata merah karena tertular virus dari ibunya saat persalinan.

GridHEALTH.id - Mata merah pada bayi baru lahir lazim disebut pink eye. Terkadang bakteri atau virus diturunkan dari ibu selama persalinan, bahkan jika bayi tidak memiliki gejala. Bakteri atau virus mungkin terkait dengan infeksi menular seksual (IMS).

Baca Juga: Kena Sakit Mata Merah, Selebriti Ini Malah Pakai ASI Untuk Obat Tetes Mata, Apa Kata Dokter?

Pink eye juga bisa disebabkan pembukaan saluran air mata yang tidak sempurna, yang akan terlihat mata bayi menjadi berkaca-kaca, disertai lingkaran mata bagian bawah yang memerah.

Mata merah muda pada bayi baru lahir ini dapat disebabkan oleh iritasi, infeksi, atau saluran air mata yang tersumbat. Penyebabnya sulit ditentukan, karena setiap jenis menghasilkan gejala yang sama.

Kondisi ini adalah lebam tipis transparan yang melapisi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata. Peradangan konjungtiva bisa disebabkan oleh iritasi, infeksi atau alergi.

Baca Juga: Selena Gomez Mengaku Hubungannya dengan Justin Bieber Beracun dan Penuh Ketergantungan,  Ini 5 Tanda ‘Toxic Relationship’ yang Perlu Diwaspadai

Pink eye bisa berkembang menjadi gangguan mata yang lebih serius, jika tidak segera ditangani.

Untuk mencegah hal ini, dokter akan memberikan salep antibiotik atau obat tetes mata untuk semua bayi segera setelah lahir.