Find Us On Social Media :

Berbagai Cara Membuat Mata Tak Lagi Kering, Termasuk Operasi Pemasangan Saluran Air Mata!

Mata kering dan cara mengatasinya.

GridHEALTH.id - Mata kering adalah suatu gangguan pada permukaan mata yang ditandai dengan ketidakstabilan produksi dari lapisan air mata. Seorang dengan mata kering akan mengeluh adanya sensasi gatal atau mata terasa seperti berpasir.

Baca Juga: Sindrom Mata Kering Jangan Dianggap Sepele, Bisa Menganggu Saraf di Otak Hingga Timbulkan Migrain

Dalam dunia medis, mata kering juga dikenal dengan istilah keratoconjunctivitis sicca, atau untuk lebih mudahnya bisa disebut sindrom mata kering. Tingkat keparahan keluhan mata kering cukup bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Bahkan pada beberapa kasus, mata kering juga dapat disertai komplikasi.

Asal tahu saja, penderita mata kering di Amerika Serikat semakin meningkat dan telah menyebabkan negara kehilangan sekitar 55 miliar dolar AS per tahun.

Untuk itu perlu menjaga mata tetap lembap dengan cara terus melumasinya dengan air mata.  Tidak hanya menjaga mata tetap lembap, air mata juga memiliki beberapa peran penting.

Air mata menyediakan elektrolit yang sangat penting serta memiliki enzim dan protein pelawan bakteri yang menjaga mata tetap sehat.

Air mata dengan cepat melapisi seluruh bagian mata untuk menyediakan kelembapan dan nutrisi.

Masalah pada bagian mana pun dari air mata dapat menyebabkan masalah pada keseluruhan mata. Penyebabnya dapat berupa apa saja, tetapi kita dapat mencoba berbagai macam perawatan.

Baca Juga: Kenal Ponsel Sejak Umur 2 Tahun, Balita Ini Nyaris Alami Kebutaan Permanen Akibat Kecanduan Ponsel

1. Gunakan air mata buatan

Air mata buatan berupa obat tetes mata ini dirancang untuk membasahi mata kering dan menjaga permukaan luar mata tetap basah.  Air mata buatan tidak merawat penyebab utama mata kering, melainkan hanya melegakan gejala.