Find Us On Social Media :

Stroke Juga Datang Dari Pikiran, Terbukti Mereka yang Mudah Jengkel dan Suka Sinis Gampang Terkena Stroke

Penelitian membuktikan, orang yang suka sinis gampang kena stroke.

GridHEALTH.id – Pepatah yang mengatakan bahwa sakit bisa berawal dari pikiran agaknya benar terbukti stroke juga bisa datang dari hal ini.

Baca Juga: Stroke Menyerang Usia Semakin Muda, Ini Fakta Tentang Stroke yang Wajib Diketahui

Jadi, jangan berpikir bahwa kesehatan mental tak berpengaruh terhadap kesehatan fisik, buktinya adalah stroke.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa orang yang sering berpikiran sinis dan suka sinis serta stres bisa meningkatkan risiko stroke.

Hasil tersebut didapatkan peneliti setelah melakukan pengamatan tentang stroke terhadap 6.700 orang dewasa berusia 45 hingga 84 tahun.

Peneliti mengamati beberapa hal seperti tingkat stres, perasaan marah, pemikiran sinis pada orang lain, dan lainnya terhadap stroke.

Peneliti kemudian mengikuti partisipan selama 11 tahun dan mencari kaitan antara faktor psikologis ini dengan risiko stroke mereka.

Baca Juga: Operasi Ganti Kelamin Munculkan Banyak Risiko, Belum Siap Menjadi Lelaki, Putri Natasiya Batal Jadi Ahmad

"Selama ini kita sudah fokus pada beberapa faktor seperti tingkat kolesterol, tekanan darah, rokok, dan lainnya. Semuanya sangat penting, namun penelitian ini menunjukkan bahwa aspek psikologis juga sama pentingnya," ungkap peneliti Susan Everson-Rose dari University of Minnesota, seperti dilansir oleh Science Daily (10/07).