Find Us On Social Media :

Hati-hati, Bila Stres Mendera Segera Cari Solusi Karena Bisa Picu Kecanduan Gula yang Berujung Diabetes

Mereka yang sedang dalam kondisi stres rawan makan makanan manis.

GridHEALTH.id - Sebuah penemuan belum lama ini memberikan fakta, bahwa stres tak hanya menimbulkan masalah mental, melainkan juga bisa memicu seseorang untuk lebih banyak makan makanan manis sehingga berpotensi kecanduan gula (sugar craving).

Baca Juga: Kesaksian Jenny yang Memutuskan Berhenti Makan Gula dan yang Mengandung Karbohidrat, Dirinya Kembali Menjadi Mahasiswi!

Hormon yang diaktifkan ketika seseorang merasa cemas atau diketahui mempengaruhi sel perasa yang bertugas mengidentifikasi rasa manis, gurih, dan pahit.

Penemuan ini bisa menjelaskan mengapa banyak orang menjadi suka makan makanan manis atau banyak makan ketika mereka merasa cemas, stres, atau tertekan. 

Hormon bernama glucocorticoids bekerja langsung pada indra perasa ketika seseorang merasa stres dan mengubah cara seseorang merespons pada gula dan makanan manis lainnya.

"Cara kita mengecap rasa manis terpengaruh oleh stres. Penelitian kami menunjukkan mekanisme molekuler yang membantu menjelaskan mengapa orang cenderung makan makanan yang manis ketika mereka merasa stres," ungkap peneliti, seperti dilansir oleh Daily Mail (04/06).

Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan penelitian terhadap sejumlah tiku di laboratorium.

Baca Juga: Jadi Penjual Daging Pasca Cerai Dari Ahok, Veronica Tan Unjuk Kebolehan Jadi Chef, Hobi Masak Bikin Sehat Jiwa Raga

Tikus yang dinilai stres memiliki hormon reseptor rasa 77% lebih banyak dibandingkan tikus yang tidak stres.