Find Us On Social Media :

9000 Anak Lahir dengan Bibir Sumbing, Kasad TNI Jenderal Andika Perkasa; "Pasien Silahkan Datang Ke Kodam atau Koramil Setempat"

KASAD Jenderal Andika Perkasa (kanan) dan istri(kiri) bersama Prof David Santoni saat hadir di Acara Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

GridHEALTH.id - Sudah sejak lama bibir sumbing menjadi salah satu masalah kesehatan serius di Indonesia.

Bahkan menurut siaran pers Smile Train Indonesia, terdapat 9.000 anak yang terlahir dengan keadaan kelainan celah bibir alias bibir sumbing dan atau kelainan sumbing langit-langit setiap tahunnya di tanah air.

Untuk itu dalam memperingati Hari Juang 2019, TNI Angkatan Darat (AD) yang berkolaborasi dengan Smile Train Indonesia dan Persatuan Dokter Spesialis Plastik, Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI) melaksanakan operasi bibir sumbing gratis di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Begini Prosedur Operasi Bibir Sumbing Anak yang Dibuang Orangtuanya Sekarang Tampil Cantik

Pemberian operasi bibir sumbing ini juga tidak hanya bagi mereka yang melakukannya pertama kali, tapi juga bagi yang membutuhkan operasi lanjutan.

Seperti disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal Andika Perkasa saat ditemui GridHEALTH.id di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

"Intinya ini adalah bentuk perhatian kita dari TNI AD, komunitas, kedokteran, dan pemerintah secara umumnya," papar Jenderal Andika Perkasa.