Find Us On Social Media :

Keterbatasan SDM Rumah Sakit di Indonesia Mempengaruhi Kualitas Pelayanan bagi Pasien

Pengaruh SDM Rumah Sakit di Indonesia terhadap kualitas pelayanan bagi pasien kanker.

GridHEALTH.id – Jumlah RS khusus Kanker di Indonesia sampai saat ini tidak banyak dan menghadapi berbagai tantangan antara lain Sumber Daya Manusia yang masih perlu dikembangkan.

Itulah yang dikatakan dr. Adityawati Ganggaiswari, M.Biomed, Direktur Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC) Siloam Hospital Semanggi, dalam acara seminar media yang bertajuk “Harapan Baru Bagi Pasien Kanker Limfoma Hodgkin dengan Terapi Inovatif”, Rabu (13/11/2019).

Baca Juga: Stop Minum Susu Jika Merasakan Ini, Produk Susu Bersifat Asam, Mengurangi Asupan Kalsium Sehingga Risiko Patah Tulang Tinggi

Seminar tersebut terselenggara atas kerja sama Perhimpunan Hematologi dan Transfusi Darah Indonesia (PHTDI), Persatuan Hematologi-Onkologi Medik Ilmu Penyakit Dalam Indonesia (PERHOMPEDIN), Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC) dan Takeda Indonesia.

Menurut dr. Adityawati Ganggaiswari, jumlah Dokter Onkologi masih sangat terbatas dan SDM keperawatan, staf radioterapi, staf kedokteran nuklir yang memiliki keahlian khusus untuk melakukan tindakan spesifik untuk kanker sehingga diperlukan pelatihan khusus bagi SDM tersebut.

Baca Juga: Trik Mendapatkan Anak Cerdas dengan Strategi Usia Mulai Hamil