Find Us On Social Media :

WHO Siapkan Obat Kanker Payudara Murah yang Bisa Menjangkau Wanita di Seluruh Dunia

WHO telah menetapkan obat kanker payudara murah yang dapat menjangkau seluruh wanita di dunia.

 

GridHEALTH.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Rabu, mengumumkan bahwa mereka untuk pertama kalinya menyetujui obat "biosimilar" - yang berasal dari sumber-sumber hidup daripada bahan kimia - untuk membuat perawatan kanker payudara terjangkau bagi wanita secara global.

Baca Juga: AI Google Bisa Deteksi Kanker Payudara Lebih Akurat Ketimbang Dokter Ahli

Obat Trastuzumab telah menunjukkan "kemanjuran tinggi" dalam menyembuhkan kanker payudara stadium awal dan dalam beberapa kasus bentuk penyakit yang lebih lanjut, WHO mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Tetapi biaya tahunan obat asli rata-rata $ 20.000, "Harga yang membuatnya jauh dari jangkauan banyak wanita dan sistem perawatan kesehatan di sebagian besar negara," pernyataan itu menambahkan.

Namun, versi biosimilar dari Trastuzumab umumnya 65% lebih murah daripada yang asli. "Dengan daftar WHO ini, dan lebih banyak produk diharapkan dalam pipa prakualifikasi, harga akan turun lebih jauh," kata WHO.

Obat bioterapi yang lebih murah, tetapi sama efektifnya dihasilkan dari sumber biologis seperti sel daripada bahan kimia yang disintesis.

Mereka biasanya diproduksi oleh perusahaan setelah paten pada produk asli telah kedaluwarsa.

Baca Juga: Berantas Stunting: Dampak Jangka Pendek dan Jangka Panjang Anak Pendek Sama-sama Mengkhawatirkan

"Prakualifikasi WHO untuk biosimilar Trastuzumab adalah berita baik bagi wanita di mana-mana," kata Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus.