Find Us On Social Media :

Berita Kesehatan Diabetes : Turunkan Berat Badan Hingga Bobot Ideal, Kunci Pengendalian Diabetes yang Paling Ampuh

Turunkan berat badan adalah kunci bagi penderita diabetes agar tetap sehat.

GridHEALTH.id- Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet dan olahraga dapat membantu orang dengan diabetes tipe 2 untuk kehilangan berat badan, meskipun hal itu mungkin tidak berpengaruh pada penurunan risiko masalah jantung.

Baca Juga: Sempat Dinyatakan Sembuh Dari Kanker Ternyata Tetap Merenggut Nyawa Ria Irawan, Dokter Jelaskan Mengapa Kanker Tak Bisa Sembuh 100%

Pada penelitian tersebut, orang dewasa dengan obesitas dan mengidap diabetes tipe 2 yang sedang menjalani sesi konseling untuk mendorong berkurangnya berat badan dan aktivitas fisik memang terlihat mengalami kehilangan berat badan yang lebih banyak dibandingkan kelompok kontrol yang tidak berada dalam konseling agresif.

Mereka yang berada dalam grup konseling kehilangan 6% berat badan mereka selama sembilan tahun penelitian. Sedangkan kelompok kontrol hanya kehilangan 3,5% saja.

Bagaimanapun, mereka yang berada dalam kelompok konseling tetap saja mengalami masalah kardiovaskular (seperti serangan jantung, stroke, rawat inap untuk nyeri dada dan kematian dari penyakit jantung) selama penelitian sama dengan mereka yang berada pada kelompok kontrol.

Baca Juga: Kisruh Natuna Merembet ke Faktor Kesehatan, Kemenkes RI Pasang Badan Cegah Pneumonia China Masuk Indonesia

Tapi temuan ini mengindikasikan, tidak berarti orang yang mengidap diabetes tipe 2 tidak harus mencoba untuk menghilangkan berat badan mereka.