Find Us On Social Media :

Kanker Usus Besar Serang Usia Muda, Ini Gejala dan Cara Mencegah

Konsumsi bahan makanan kurang serat seperti ini tingkatkan risiko terkena kanker usus besar.

GridHEALTH.idKanker usus besar kini juga banyak menyerang orang berusia lebih muda, tak lagi terbatas hanya pada populasi lansia. Faktanya, Fight CRC mengatakan bahwa 1 dari 20 orang akan didiagnosis menderita kanker usus besar sepanjang hidup mereka.

Baca Juga: Obat Kanker Usus Tak Lagi Ditanggung BPJS, Ini Penjelasannya

Dulu, penyakit kanker usus lebih sering dialami oleh orang yang telah berusia di atas 50 tahun, namun tak menutup kemungkinan usia muda di bawah 50 pun bisa terkena kanker usus besar.

Menanggapi hal ini ahli kanker dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang, dr Noza Hilbertina, M Biomed, SpPA memberikan tips kepada generasi muda agar dapat terhindar dari risiko terkena kanker usus besar.

"Pertama kita harus tahu dulu silsilah keluarga kita yang penting dulu, karena itu akan membuat kita lebih aware, karena kalau kita punya silsilah, kita punya kemungkinan lebih besar (terkena) dibandingkan dengan orang yang tidak punya silsilah," kata dr Noza seperti dikutip dari detikhealth.

Faktor genetik atau turunan memang menjadi penyebab utama seseorang bisa terkena kanker usus besar. Namun, gaya hidup sehat juga menjadi salah satu pemicu penyakit ini di kemudian hari.

Baca Juga: Hubungan Veronica Tan dan Puput Nastiti Devi Dikabarkan Membaik Usai Kelahiran Yosafat, Mantan Istri Ahok Malah Kedapatan Lakukan Hal Ini dengan Anak-anaknya

Pola makan yang kurang serat, terlalu banyak mengonsumsi daging merah dan lemak, kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, bahkan sampai jarang berolahraga pun bisa jadi pemicu dari kanker usus besar.