Find Us On Social Media :

4 Artis Muda Terkenal Ini Ternyata Survivor Kanker dan Tumor, Satu di Antara Mereka Sudah Menjalani Pengobatan Sejak SMA

Rachel Amanda mengidap kanker tiroid

 
GridHEALTH.id - Kanker kita tahu adalah penyakit mematikan. Tak heran semua orang akan merinding jika mendengar penyakit ini.

Siapa yang berisiko terkena kanker atau tumor? Jawabannya semua orang bisa terkena.

BACA JUGA: 21 Tahun Lalu Divonis Kanker Ovarium, Shahnaz Haque Akui Tak Pernah Lagi Simpan Makanan di Kulkas

Karenanya kita beberapa waktu lalu dibuat sedih juga kaget atas kepergian almarhum Ria Irawan, dan sebelumnya Vidi Aldiano yang didiagnosis menderita kanker pada ginjalnya.

Untuk diketahui, kanker terbentuk karena adanya perubahan kromosom atau gen di dalam sel yang tidak dikehui penyebab pastinya.

Hanya, beberapa pendapat mengatakan salah satunya dipicu dari paparan radiasi bahan kimia yang membuat kromosom berubah. Nah, kalau sudah berubah tidak bisa diperbaiki kembali.

BACA JUGA: Kedua Adiknya Jadi Penyintas Kanker, Inilah Curahan Isi Hati Dewi Irawan Mengenai Keluarganya

"Sehingga semua kanker secara umum tidak bisa sembuh total, akan ada masanya sehingga setiap kanker itu pengobatan hanya remisi atau mengurangi. Hilang apda saat itu bukan dikatakan sembuh tapi disebut remisi," jelas dokter Spesialis Hematologi Onkologi, Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, SpPD-KHOM, M.Epid.

Dokter yang berpraktik di RSCM itu menyebut, jika sudah dianggap hilang, maka perlu dilakukan monitoring untuk melihat kembali atau tidaknya sel kanker.

Monitoring bisanya dilakukan 6 bulan pertama dengan CT Scan, selanjutnya satu tahun, berikutnya 2 tahun dan seterusnya hingga maksimal 5 tahun.

BACA JUGA: Alami Kelumpuhan Sesaat Akibat Kanker Stadium 3, Penyanyi Dangdut Ini Malah Dicerai Suami: 'Dia Enggak Siap Lihat Saya menutup Mata'