Find Us On Social Media :

Terungkap, Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Serangan Jantung

Wanita lebih rentan terkena serangan jantung karena pembuluh darahnya lebih cepat menua.

GridHEALTH.id - Hingga kini, serangan jantung menjadi penyebab utama kematian terbesar di seluruh dunia yang dapat menimpa siapa saja. Kabar buruknya, wanita lebih berisiko terkena serangan jantung.

Baca Juga: 7 Gejala Jantung Pada Wanita, Saking Sepelenya Malah Kerap Tak Disadari

Dilansir dari laman Nypost, wanita lebih berisiko meninggal karena serangan jantung dibandingkan pria, menurut penelitian terbaru dari University of Ottawa Heart Institute.

Berdasarkan data antara 2009 sampai 2014, diketahui sebanyak 90.000 pasien mengalami gagal jantung. Peneliti menemukan 16,8% wanita meninggal dalam satu tahun dibanding 14,9% pria.

Mengapa wanita lebih rentan mengalami serangan jantung terungkap dari sebuah penelitian bahwa wanita mungkin memiliki pembuluh darah yang lebih tua dibanding pria pada usia yang sama.

Hal ini disebut membuat mereka menjadi memiliki risiko yang lebih tinggi pada penyakit kardiovaskular.

Penelitian ini juga bisa menarik kesimpulan bahwa penuaan yang terjadi pada pria dan wanita bisa terjadi secara sangat berbeda pada organ tubuh tertentu. 

Baca Juga: Ternyata Ini Alasannya Pasien Terduga Virus Corona Harus Diisolasi

Peneliti juga mempelajari mengenai risiko serangan jantung, gagal jantung, serta stroke pada pria dan wanita. Hasil menunjukkan bahwa pembuluh darah pada wanita bekerja secara berbeda dibanding pria.