Find Us On Social Media :

3 Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Kembangkan Gel Daun Mangga Obati Luka Diabetes

By Soesanti Harini Hartono, Sabtu, 1 Februari 2020 | 11:44 WIB

Oleh tiga mahasiswa di Yogyakarta, daun mangga dapat dijadikan gel pembersih luka diabetes.

GridHEALTH.id -Berita menggembirakan datang dari Yogyakarta dimana tiga mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengembangkan gel dari daun mangga untuk mengobati luka diabetes. Penelitian tersebut membutuhkan waktu tidak terlalu lama yakni hanya dua bulan.

Baca Juga: Punya Khasiat Antidiabetes, Minum Air Rebusan Daun Mangga Setiap Hari Untuk Turunkan Gula Darah

Tiga mahasiswa tersebut yakni Fitriana Kemala Sari, Rifdah Rizal dan Muhammad Shoufi Islami. Mereka meneliti daun mangga dan membuat formulasi gel.

Tim Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) hadir dalam acara Biologi Open Day (Body) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) Universitas Makassar.

Mereka menjadi peserta dalam lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional. Tak sekadar menjadi peserta, Fitriana Kemala Sari, Rifdah Rizal, dan Muhammad Shoufi Islami mampu kantongi juara 1 untuk kampusnya.

Penelitian dilakukan menurut Rifdah karena kasus diabetes yang meningkat di Indonesia tiap tahunnya. Menurutnya, Indonesia berada pada posisi keenam penderita diabetes terbesar di dunia.

"Penyebab diabetes salah satunya yaitu komplikasi luka diabetes. Kalau penyembuhan tidak benar-benar berhasil, maka harus dilakukan amputasi," kata Rifdah.

Baca Juga: Diabetes Masih Menjadi Momok, Begini Cara Hidup 'Bebas Gula'

Ketua Tim, Fitriana menjelaskan, gel daun mangga tersebut awalnya diuji pada tikus yang sudah dilukai atau dibuat diabetes. Setelah itu, gel dioleskan pada daerah yang luka di tubuh tikus.