Find Us On Social Media :

Pasien Korban Covid-19 Harus Masuk Ruang Isolasi, Seperti Apa Isinya?

Ruang isolasi untuk pasien virus corona tidak berbeda, namun tekanan dan suhu ruangan harus disesuaikan dengan kebutuhan pasie,

GridHEALTH.id - Prosedur yang harus disegerakan saat seseorang terinfeksi virus corona Covid-19 adalah memasukkanya ke ruang isolasi di sebuah rumah sakit.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasannya Pasien Terduga Virus Corona Harus Diisolasi

Rumah sakit ini bukan setiap rumah sakit, namun rumah sakit yang telah disiapkan mempunyai ruang isolasi. 

Namun seringkali orang membayangkan ruang isolasi sebagai ruang kedap udara, ketat, dan tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain. Padahal ternyata tidak seperti itu.

Ruang isolasi yang ada terlihat selayaknya ruang perawatan pada umumnya.  Hal yang membedakan dengan ruang perawatan lain adalah kondisi di dalam ruang,misalnya, untuk pasien virus corona, penanganannya dibutuhkan isolasi bertekanan negatif.

Alat pengatur tekanan udara ini dinamakan magnehelic, yang besar tekanan yang diberikan sesuai dengan diagnosis dokter yang bertugas atau berjaga.

Di ruangan antara ini jugalah tempat siapa pun yang akan bertemu pasien, maupun itu dokter atau perawat, harus memakai alat pelindung diri (APD).

Baca Juga: Cuci Tangan Lebih Baik, Ini Akibat Keseringan Pakai Hand Sanitizer

Pasien di ruangan ini juga tidak bisa sembarangan dijenguk, bahkan sebisa mungkin dihindari untuk dijenguk, demi mencegah baik si pasien atau penjenguk terkontaminasi atau mengontaminasi virus.