Find Us On Social Media :

5 Kematian Mendadak Perlu Diwaspadai, Tak Cuma Serangan Jantung

Banyak yang belum tahu bahwa penyebab kematian mendadak bukan cuma serangan jantung, namun ada 5 penyakit lain.

GridHEALTH.id - Tak ada seorangpun yang tahu kapan ajal datang menjemput. Tapi ada kalanya kita mendengar ada orang meninggal secara tiba-tiba tanpa menunjukkan tanda-tanda sakit. 

Mereka mungkin masih tampak sehat dan semangat beraktivitas sebelum "pergi". Hal tersebut yang kerap membuat kerabat dekat yang ditinggalkan biasanya sulit memercayai bahwa orang tersebut memiliki penyakit yang mengancam jiwa atau tanpa tanda-tanda sakit sebelumnya. 

 

Jika seseorang meninggal tiba-tiba, banyak yang mengaitkannya dengan penyakit jantung, atau serangan jantung. Orang awam banyak juga yang menyebutnya "angin duduk".

Nyatanya, penyebab kematian mendadak tidak hanya disebabkan oleh hal itu saja. Ada penyebab lainnya yang masih belum disadari oleh sebagian besar orang.

Dikutip dari AXA Indonesia, kita perlu mengenal  5 penyebab kematian mendadak sebelum terlambat.

Baca Juga: Berbagai Negara di Dunia Berlomba Ciptakan Vaksin Virus Corona, Tapi Pakar Vaksin Malah Ragu Soal Ini

1. Gangguan emboli paru

Paru-paru merupakan organ vital bagian pernapasan yang harus dijaga agar tidak menimbulkan kematian mendadak.

Biasanya, gagal napas sendiri bisa disebabkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah di paru-paru karena lepasnya gumpalan sumbatan pada di pembuluh darah vena.

Gangguan emboli paru cenderung tidak menunjukkan gejala pada tubuh, sehingga cukup berisiko tinggi menimbulkan kematian mendadak.