Find Us On Social Media :

Siapa Sangka, Puasa Mampu Tingkatkan Daya Tubuh Bisa Lawan Covid-19

Kurang dari 30 hari, kita akan menunaikan ibadan puasa ramadhan.

GridHealth.id - Puasa merupakan tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, juga hawa nafsu. Puasa umumnya dilakukan sebagai salah satu kewajiban bagi umat muslim.

Selama kurang dari 30 hari, kita akan didatangkan oleh bulan ramadhan sehingga umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa ramadhan selama satu bulan penuh.

Baca Juga: Bukan Mengada-ngada, Mereka yang Kesepian Rentan Terinfeksi Virus Corona, Daya Tahan Tubuhnya Menurun

Meski menahan rasa lapar dan haus, banyak pendapat yang menyebut, bahwa puasa memberikan pengaruh baik bagi tubuh manusia. Salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Southern California, puasa selama tiga hari dapat memiliki peningkatan yang signifikan dalam kesehatan, khususnya daya tahan tubuh.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan 6 Makanan Ini, Bisa Cegah Corona

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa rasa lapar memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih baru yang melawan infeksi.

Para peneliti menyebut puasa sebagai "pembalik sakelar regeneratif" yang mendorong sel induk menciptakan sel darah putih baru. Penciptaan sel darah putih baru inilah yang mendasari regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh.