Find Us On Social Media :

Virus Corona Terdeteksi Hingga Sperma Pasien, Potensi Penularan Lewat Hubungan Intim?

Virus corona terdeteksi hingga sperma. Pakar duga bisa menular lewat hubungan intim

GridHEALTH.id -  studi terbaru mengenai metode penyebaran virus corona (Covid-19), terdeteksi bahwa pasien kasus Covid-19 diduga bisa menularkan virus ini melalui sperma.  Para peneliti dari China menemukan potensi penularan Covid-19 dari hubungan seksual.

China yang menguji sperma pria pasien Covid-19 menemukan bahwa minoritas dari mereka memiliki virus corona dalam sperma mereka. Hal ini membuka kemungkinan bahwa penyakit tersebut bisa ditularkan melalui hubungan seks.

Riset para doktor di Shangqiu Municipal Hospital China, terhadap 38 pria yang dirawat dengan penyakit tersebut menemukan bahwa enam di antaranya atau setara 16%, terbukti positif SARS-CoV-2 pada air mani mereka.

Para peneliti mengatakan bahwa sementara temuan itu masih awal dan hanya berdasarkan sekelompok pria terinfeksi.

 Hal ini tentu masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah transmisi seksual mungkin berperan dalam penyebaran pandemi Covid-19.

"Diperlukan riset lebih jauh sehubungan dengan informasi rinci mengenai pelepasan virus, durasi bertahan hidup serta konsentrasi dalam air mani," tulis tim tersebut dalam studi yang dipublikasi di JAMA Network Open seperti dikutip Reuters, Jumat (08/05/2020).

Baca Juga: Penting Diketahui, Berikut Manfaat dan Efek Samping Terapi Plasma Konvalesen

Baca Juga: Tak Boleh Mandi di Saat Hujan Deras, Ternyata Ini Bahayanya

Riset kecil sebelumnya terhadap 12 pasien Covid-19 di China pada Februari hingga Mei menemukan bahwa seluruh pasien tersebut terbukti negatif SARS-CoV-2 dalam sampel sperma.