Find Us On Social Media :

Ini Alasannya Mengapa Puasa Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh Hingga Jarang Sakit

Puasa Ramadan dipercaya meningkatkan imunitas tubuh sehingga membuat yang melakukannya jarang sakit.

GridHEALTH.idPuasa, termasuk puasa di bulan Ramadan dipercaya banyak ahli kesehatan justru dapat memperkuat imunitas tubuh.

Salah satunya, Prof Dr dr Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM, seorang pakar imunologi dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), membenarkan bahwa puasa dapat meningkatkan imun tubuh.

"Dengan catatan kalau kita berpuasa dengan baik. Artinya tidur cukup, makan cukup, minum cukup, istirahat cukup, tidak stres, olahraga cukup, dan tentu diam di rumah tentunya," jelas Prof Iris dikutip dari detikcom, Kamis (23/4/2020).

Menjalankan ibadah puasa menurut Prof Iris menjadi waktu yang tepat memperbaiki fungsi tubuh dan mengeluarkan racun yang ada di dalamnya. Terlebih di tengah pandemi Corona, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun ia mengingatkan untuk tetap menjaga makanan yang bergizi selama puasa agar proses detoks berjalan baik.

"Jangan makanan terlalu banyak lemak, lalu makanan terlalu banyak gorengan yang akan merusak tubuh. Buka dan sahurnya, juga diawasi, jadi jangan pas buka balas dendam (makan banyak). Tetap makanan gizi seimbang," lanjutnya.

Baca Juga: Puasa Ramadan Mampukan Membuat Tubuh Kita Kuat #Hadapi Corona?

Baca Juga: Guru Besar FMIPA Brawijaya : Jamur Cordyceps Bisa Sembuhkan Covid-19, Efeknya Dalam Hitungan Jam

Sementara, dikutip dari www.dokterari.com, ahli penyakit dalam Dr.dr. Ari Fahrial Syam mengatakan, menahan lapar dan haus sebenarnya membuat kita sehat. Hal ini terjadi karena didalam berpuasa terdapat pembatasan asupan makanan, keteraturan dan pengendalian diri.