Find Us On Social Media :

Studi: Obat Diabetes DPP-4 Bisa Menghambat Penyebaran Virus Covid-19

Sebuah studi mengungkap obat gula inhibitor DPP-4 dapat menghambat penyebaran virus corona.

 

GridHEALTH.id – Dari berbagai berita dan kenyataan di lapangan diketahui, pasien dengan penyakit penyerta seperti stroke, diabetes, jantung, dan darah tinggi, lebih besar risikonya bila sampai terinfeksi  virus corona, dengan angka kematian dua kali lebih tinggi daripada mereka yang tanpa penyakit.

Namun ada kabar baik bagi penderita diabetes. Para peneliti telah menemukan obat yang dapat membantu mencegah penyebaran Covid-19 di seluruh tubuh pasien diabetes.

Studi baru menunjukkan bahwa kelas obat diabetes, yang disebut inhibitor dipeptidyl peptidase 4 (DPP4), dapat mengikat virus corona Covid-19 dan menghentikannya dari replikasi dalam sel manusia.

DPP4 dikenal dengan nama obat yang berakhiran – tin, seperti Vildagliptin, Linagliptin, Gemigliptin, Anagliptin, dan lain-lain.

Inhibitor dipeptidyl peptidase 4 ( DPP-4 inhibitor atau gliptin ) adalah kelas hipoglikemik oral yang memblokir enzim dipeptidyl peptidase-4 (DPP-4). Mereka dapat digunakan untuk mengobati diabetes mellitus tipe 2 .

Glukagon meningkatkan kadar glukosa darah, dan inhibitor DPP-4 mengurangi kadar glukagon dan glukosa darah.

Baca Juga: Peneliti Sebut Golongan Darah A Rentan Virus Corona, Golongan Darah O Lebih Kebal

Baca Juga: 6 Tanda Dini Serangan Stroke, Tekanan Darah Tinggi Salah Satunya

Mekanisme inhibitor DPP-4 adalah untuk meningkatkan kadar incretin ( GLP-1 dan GIP ), yang  menghambat pelepasan glukagon , yang pada gilirannya meningkatkan sekresi insulin , mengurangi pengosongan lambung, dan menurunkan kadar glukosa darah .