Find Us On Social Media :

Studi: Mengabaikan Aturan Physical Distancing Adalah Tanda Psikopat

Studi menemukan orang tidak mempedulikan anjuran untuk menjaga jarak sosial saat pandemi Covid-19 punya kecenderungan psikopat.

GridHEALTH.id - Respons seseorang terhadap pedoman kesehatan di masa pandemi bisa jadi cara terbaik untuk melihat sifat asli mereka.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Social Psychological and Personality Science mengungkap, individu dengan sifat-sifat "gelap" seperti psikopati cenderung mengabaikan protokol yang diberlakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona.

 "Dari laporan di media pada masa awal pandemi Covid-19 sebagian orang tidak mempedulikan anjuran untuk menjaga jarak sosial atau meningkatkan kebersihan diri."

Demikian kata Pavel S. Blagov, penulis studi dan director of Personality Laboratory di Whitman College, Walla Walla, Washington, kepada PsyPost.

Hal ini misalnya terlihat pada tindakan orang-orang yang dengan sengaja batuk, meludah sembarangan, atau menjilati gagang pintu di depan umum sebagai bentuk pemberontakan atau mencari perhatian.

"Ada banyak alasan untuk ini, dan saya kira kepribadian orang tersebut memainkan sedikit peran di dalamnya," kata Blagov.

Baca Juga: Orangtua Wajib Kenali 8 Tanda Potensi Membuat Anak Calon Psikopat!

Baca Juga: Melihat Serangga Ini, Peneliti LIPI Langsung Keluarkan Pernyataan Bikin Heboh, 'Kiamat Sudah Dekat'

Ia mencatat, penelitian sebelumnya telah menyebut orang-orang yang memiliki sifat seperti narsisme, Machiavellianisme, dan psikopati terkait perilaku risiko kesehatan dan masalah kesehatan.