Find Us On Social Media :

Tak Hanya Corona, 4 Wilayah di Indonesia Ini Berpotensi Dilanda Banjir Bandang

Petugas BPBD, Tagana, TNI dan Polri bersama masyarakat mengevakuasi korban banjir dengan menggunakan perahu karet di Desa Alale, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Kamis (11/6/2020).

GridHEALTH.id - Tak Hanya Corona, 4 Wilayah di Indonesia Ini Berpotensi Dilanda Banjir Bandang

Bisa dibilang seluruh wailayah Indonesia dilanda pandemi Covid-19.

Tapi, ada empat wilayah di Indonesia yang tidak saja terkena wabah virus corona, tapi juga berpotensi terkena bencana banjir bandang, akibat hujan lebat yang diprediksi terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Herizal, menjelaskan, kondisi hujan lebat dipicu adanya dinamika gelombang atmosfer atau Gelombang Rossby di sekitar wilayah Indonesia.

Baca Juga: Waspada Banjir Bandang dan Angin Kencang Saat Pandemi Covid-19 Beberapa Hari Kedepan, Ada 7 Lokasi yang Bisa Terdampak

Selain itu, terdapat belokan angin yang terbentuk karena adanya bibit Siklon Tropis yang menguat menjadi Siklon Tropis Nuri di sekitar Laut China Selatan sebelah barat Filiphina pada 12 Juni 2020 pukul 19.00 WIB.

Beberapa wilayah yang berpotensi tersebut di antaranya, yakni Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.

Bukan hanya banjir biasa saja, beberapa wilayah ini juga berisiko alami tanah longsor, hingga banjir bandang.

Baca Juga: Diguyur Hujan Lebat, Banjir Bandang di Cilegon Rendam Ratusan Rumah hingga Hanyutkan Mobil