Find Us On Social Media :

Pastikan Lansia Terhindar Covid-19, Kemensos Bagikan 6 Ribu Paket Sembako

Lansia rentan terhadap infeksi virus corona

GridHEALTH.id - Lansia atau orang lanjut usia merupakan golongan orang yang masuk ke dalam kelompok rentan terhadap virus corona.

Dikutip dari laman Pusat Analisis Determinan Kesehatan Kemenkes RI, sejauh ini, virus corona terlihat lebih sering menyebabkan infeksi berat dan kematian pada lansia dibandingkan orang dewasa atau anak-anak.

Baca Juga: Tergolong Orang Paling Rentan, Inilah 9 Cara Pencegahan Penularan Virus Corona bagi Lansia

Hal ini terjadi karena lansia sering dikaitkan dengan kelompok yang rentan terhadap berbagai penyakit oleh karena fungsi fisiologisnya berangsur-angsur akan berkurang termasuk sistem imum tubuh. 

Hingga saat ini, virus corona telah menginfeksi lebih dari 8 juta penduduk dunia dan lebih dari 4 ribu orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Kematian paling banyak terjadi pada penderita Covid-19 yang berusia 80 tahun. 

Baca Juga: Bagaimana Covid-19 Merusak Sel Manusia dari Dalam? Agresif dan Menyiksa juga Menyeramkan

Hal senada juga diungkapkan Pakar Geriatri UGM, Dr. dr Probosuseno, Sp.PD., K-Ger., S.E., bahwa usia 80 tahun rentan terhadap Covid-19. Apabila tertular Covid-19 maka lansia akan mendapatkan komplikasi kesehatan yang cukup serius. 

“Lansia yang paling rentan atau rapuh adalah lansia tua di atas 80 tahun, diikuti lansia sedang usia 70-80 tahun, dan terakhir lansia muda usia 60-70 tahun,”ujarnya.