Find Us On Social Media :

Vaksin Covid-19 Telah Siap di Depan Mata, Tapi WHO Minta 3 Kelompok Ini Diutamakan Dulu

WHO berharap vaksin virus corona akan segera diluncurkan. Tetapi hanya 3 kelompok yang diprioritaskan lebih dulu.

GridHEALTH.id - Upaya pencarian vaksin virus corona penyebab Covid-19 terus digencarkan untuk mengatasi virus mematikan ini.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menargetkan ratusan juta dosis vaksin virus corona (Covid-19) dapat diproduksi awal tahun ini. Target awal dari vaksin itu adalah orang-orang yang paling rentan terhadap virus tersebut.

Saat ini ada lebih dari 200 kandidat vaksin corona yang dikembangkan di seluruh dunia. Sepuluh di antaranya sudah memasuki tahap uji manusia.

 "Jika kita sangat beruntung, maka akan ada satu atau dua kandidat sukses sebelum akhir tahun ini," ujar kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan, seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (19/06/20).

WHO akan memberi kesempatan dulu kepada tiga kelompok yang mendapat prioritas vaksin corona. 

Pertama, pekerja di garis depan yang mendapat eksposur tinggi terhadap virus corona, contohnya petugas medis dan polisi. Kedua, orang-orang yang rentan seperti lansia dan penderita diabetes.

Baca Juga: Bersepeda Meningkat di Masa Pandemi Covid-19, Ternyata Ini Manfaatnya

Ketiga, mereka yang berada di lokasi padat, seperti lokasi kumuh perkotaan hingga rumah jompo. Di beberapa negara, seperti Swedia, korban meninggal di rumah jompo sangat tinggi akibat virus corona.