Find Us On Social Media :

Pertama di Dunia, Transplantasi Sel Induk Pasien Covid-19 Berusia 5 Tahun Sukses Selamatkan Gadis Kecil Thalassemia

Sila

GridHEALTH.id - Pertama di Dunia, Transplantasi Sel Induk Pasien Covid-19 Berusia 5 Tahun Sukses Selamatkan Gadis Kecil Thalassemia

Di tengah merebaknya wabah virus corona, Thailand mengumumkan kasus transplantasi sel induk pertama yang berhasil di dunia yang melibatkan pasien yang terinfeksi Covid-19.

Bahkan, kasus transplantasi sel induk ini dilakukan oleh seorang pasien muda berusia 5 tahun dengan Covid-19 yang menyumbangkan sumsum tulangnya untuk menyelamatkan saudara perempuannya yang sakit.

Baca Juga: Seperti Tak Takut Terinfeksi Corona, Begini Cara Unik Penghuni dan Pengunjung Panti Jompo di Spanyol Menyalurkan Kasih Sayang

Pengumuman atas keberhasilan itu sebagaimana disampaikan Prof Dr Suradet Hongeng, seorang ahli dalam transplantasi sel induk di departemen pediatri dari fakultas kedokteran Rumah Sakit Ramathibodi, kepada wartawan pada hari Selasa, seperti dilansir dari Bangkok Post, Selasa (23/6/2020).

Dr Suradet mengatakan, prosedur itu dilakukan pada bulan April, di mana seorang anak lelaki berusia lima tahun, Sila "Jio" Boonklomjit, menyumbangkan sel-sel batang sumsum tulang untuk menyelamatkan saudara perempuannya yang berusia tujuh tahun, Jintanakan, yang juga dikenal sebagai "Jean", yang dilahirkan dengan thalassemia.

Baca Juga: Kisah Bocah Usia 6 Tahun yang Berhasil Lawan Leukemia Limfositik Akut

"Kasus ini sangat menantang dan rumit. Tepat pada hari ketika kami harus mengumpulkan sel induk dari Jio, kami menemukan dia terinfeksi Covid-19. Itu membuat Jio pasien lain.