Find Us On Social Media :

3 Orang Meninggal dan 1 Orang Buta Akibat Minum Hand Sanitizer, BPOM Amerika Serikat Peringatkan 9 Merek Ini

Hand sanitizer

GridHEATH.id - Bukannya tertib dalam mencegah terjadinya penularan virus corona, tingkah laku warga New Mexico malah bikin menggelengkan kepala.

Pasalnya, baru-baru ini Pejabat Kesehatan setempat mengatakan, sebanyak tiga orang meninggal dan satu orang mengalami buta secara permanen akibat keracunan metanol setelah meminum hand sanitizer.

Tak hanya itu, dalam sebuah pernyataan, Departemen Kesehatan New Mexico juga mengatakan tiga orang lainnya saat ini berada dalam kondisi kritis.

Baca Juga: Perkara Bisnis Hand Sanitizer Saat Pandemi, WNI di Australia Dipukul Palu 20 Kali Hingga Tengkorak Retak

"Ketujuh orang itu diyakini memiliki sanitiser tangan yang mengandung metanol," kata Departemen Kesehatan New Mexico dalam keterangan tertulis, seperti dilansir dari 9News.

Kasus-kasus tersebut dilaporkan ke New Mexico Poison Control selama beberapa minggu di bulan Mei, dan terkait dengan alkoholisme, kata pejabat kesehatan.

Baca Juga: Jangan Sekali-kali Membawa dan Menyimpan Hand Sanitizer di Dalam Mobil

Kendati demikian, mereka tidak memberikan rincian tambahan tentang para korban atau di mana insiden itu terjadi.

"Jika Anda berpikir Anda mungkin telah menggunakan atau mengonsumsi hand sanitizer yang mengandung metanol, silakan mencari perawatan medis," kata Menteri Kesehatan Negara Kathy Kunkel dalam sebuah pernyataan.