Find Us On Social Media :

Corona Belum Usai, Para Ilmuwan Kembali Memperingatkan Virus Baru Pada Babi Berpotensi Risiko Pandemi

Jenis virus flu babi telah menjadi lazim pada babi di Cina dan memiliki potensi untuk menyebar ke manusia dan menjadi pandemi lain, klaim para peneliti.

GridHEALTH.id - Berdasarkan temuan sebuah studi baru, sebuah virus flu baru yang ditemukan pada babi di China telah menjadi lebih menular ke manusia dan perlu diawasi secara ketat jika itu menjadi "virus pandemi" potensial.

Sebuah tim peneliti China melihat virus influenza yang ditemukan pada babi dari tahun 2011 hingga 2018 dan menemukan strain "G4" dari H1N1 dengan "semua ciri penting dari virus pandemi kandidat", menurut surat kabar itu, yang diterbitkan dalam jurnal AS, Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS).

Baca Juga: Disinyalir Bakal Jadi Pandemi Selanjutnya, Virus G4 Sejenis Flu Babi Baru Sangat Menular pada Manusia

Dilansir dari Aljazeera, penelitian itu menyebutkan para pekerja di peternakan babi menunjukkan peningkatan kadar virus dalam darah mereka, seraya menambahkan bahwa "pemantauan ketat pada populasi manusia, terutama para pekerja di industri babi, harus segera dilaksanakan.

"Babi adalah inang perantara untuk pembuatan virus pandemi influenza. Dengan demikian, pengawasan sistematis virus influenza pada babi adalah langkah kunci untuk prewarning kemunculan pandemi influenza berikutnya," kata penelitian itu.

Baca Juga: WHO; Covid-19 10 Kali Lebih Mematikan Daripada Flu Babi (H1N1)

Studi ini ditulis oleh para akademisi di Universitas Pertanian Cina, Universitas Pertanian Shandong, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok, Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, dan Universitas Nottingham.