Find Us On Social Media :

Studi: Orang Awam Tak Bisa Bedakan Batuk Tenggorokan Gatal dan Batuk Karena Covid-19

Orang awam tak bisa membedakan batuk biasa dan batuk karena virus, studi.

GridHEALTH.id - Manusia tidak dapat membedakan batuk orang sehatk (seperti tenggorolkan gatal) denganbatuk orang sakit hanya dengan suara, penelitian baru menunjukkan.

Contohnya ketika disebuah lorong di supermarket, ketika kita berpapasan dengan seseorang mengeluarkan batuk yang tidak enak, dan kita langsung bereaksi bergidik. "Orang itu terdengar sangat sakit." 

Sebuah studi baru dapat mendorong kita  untuk berpikir lagi. Manusia tidak dapat mendengar perbedaan antara batuk seseorang dengan infeksi dan seseorang yang hanya gatal tenggorokannya, kata para peneliti melaporkan dalam Prosiding Royal Society B. (10/06/20)

Orang-orang dapat melawan infeksi dengan sistem kekebalan tubuh, tetapi itu dapat menghabiskan banyak energi dan tidak selalu berhasil, kata Nick Michalak, seorang psikolog sosial di University of Michigan di Ann Arbor.

"Banyak organisme, termasuk manusia, telah mengembangkan perilaku profilaksis untuk mencegah patogen dari [menyebabkan infeksi] di tempat pertama," katanya.

Sementara ada bukti bahwa orang-orang dapat secara akurat membasmi infeksi orang lain dengan penglihatan dan penciuman, Michalak mengatakan suara relatif belum dijelajahi.

Baca Juga: Di Masa Pandemi Covid-19, Batuk Bisa Bikin Stres, Padahal Ini Perbedaan Batuk Biasa dengan Batuk Corona

Baca Juga: Minta Perlindungan ke Rumah Aman, Gadis Ini Malah Dirudapaksa Pimpinannya, Beban Psikologis Buat si Anak

 

Dia dan rekan-rekannya memutar klip audio pendek batuk dari orang-orang yang tampaknya sakit dan sehat dikumpulkan dari YouTube untuk lebih dari 200 sukarelawan, menanyakan apakah setiap batuk berasal dari seseorang yang sakit atau tidak.