Find Us On Social Media :

Ahli Epidemiologi Oxford: Virus Corona Akan Berakhir Seperti Virus Infleuenza

Dunia seharusnya tidak perlu terlalu menantikan datangnya vaksin virus corona karena pandeminya akan berakhir seperti nasib virus influenza.

 

GridHEALTH.id - Seluruh dunia sedang menanti dengan harap-harap cemas kehadiran vaksin Covid-19 karena angka penderita positif virus coronan penyebab Covid-19 terus naik. Begitupun jumlah yang meninggal.

Tetapi, seorang profesor dari Universitas Oxford yang juga seorang  ahli epidemiologi mengatakan, dunia sebaiknya menghilangkan harapan berlebihan pada munculnya vaksin Covid-19.

Adalah Sunetra Gupta yang dengan yakin mengatakan, kebanyakan orang tidak membutuhkan vaksin Covid-19. Selain itu Gupta juga mengatakan, status lockdown  (mengunci wilayah) bukanlah menjadi solusi jangka panjang yang bisa digunakan untuk menahan penyebaran virus Covid-19. 

“Apa yang kami lihat adalah bahwa pada orang normal dan sehat yang tidak lanjut usia atau lemah serta tidak memiliki komorbiditas, virus ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Penyakit ini tidak lebih dari bagaimana kita khawatir tentang flu," kata Gupta dikutip dari Reuters (13/78/20).

Peneliti dunia dan WHO memang tengah mempersiapkan vaksin virus corona Covid-19. Tapi, kemudian muncul polemik siapa yang berhak mendapatkan vaksin tersebut. 

Untuk menjawab hal ini,  Gupta mengatakan bahwa ketika vaksin Covid-19 itu tersedia, hendaknya digunakan digunakan untuk mendukungkelompok yang rentan, tapi kebanyakan dari manusia tidak perlu khawatir tentang Covid-19.

Baca Juga: Gejala Trigliserida Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Dari Muncul Benjolan Kuning Hingga Hilang Ingatan

 

Baca Juga: Studi: Bayi Tidur Bersama Orangtua Hingga 1 Tahun Lebih Sehat dan Cerdas

Kelompok yang rentan adalah orang tua (lansia), ibu hamil, bayi, anak-anak, mereka yang obesitas, dan mereka yang mempunyai penyakit kronik dan bawaan (komorbid) seperti diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi.