Find Us On Social Media :

Ahli; Ekstrak Ikan Gabus Bisa Percepat Penyembuhan Pasien Covid-19, Ini 8 Manfaat Lainnya

Kali ini ikan gabus diprediksi dapat mempercepat penyembuhan pasien covid-19.

GridHEALTH.id - Seiring semakin mewabahnya virus corona (Covid-19), para ahli di seluruh dunia terus berpacu dengan waktu untuk menemukan penawar virus tersebut.

Seperti para peneliti dalam negeri dari Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara, PT Akar Rimba dan PT Mega Medica Pharmaceuticals yang tengah meneliti formulasi dari ekstrak ikan gabus untuk mempercepat penyembuhan pasien Covid-19.

Dilansir dari Kompas.com (14/1/2020), ekstrak ikan gabus tersebut akan dikombinasikan dengan temulawak dan meniran.

Para ahli percaya kombinasi formulasi ini nantinya berkhasiat menaikkan kadar albumin, mencegah inflamasi dan koagulasi yang sering ditemukan pada pasien Covid-19.

Selain itu formulasi tersebut juga akan dikembangkan menjadi produk imunomodulator yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pencegahan Covid-19.

"Selanjutnya akan dikembangkan dan dimanfaatkan masyarakat,” kata Scientific Affairs Manager PT MMP Guntur Berlian didampingi Imam Bagus Sumantri selaku ketua peneliti riset pengembangan.

Baca Juga: Menkes Terawan Resmi Pindah Kantor di Surabaya, Jokowi Berharap Banyak: 'Pengendalianya Betul-betul Kita Lakukan'

Baca Juga: Setelah New Normal Diganti, Istilah ODP, PDP dan OTG Covid-19 Dihapus