Find Us On Social Media :

Hati-hati, Keseringan Duduk Lama Bisa Picu Munculnya Nyeri Sendi

Keseringan duduk lama memicu beragam problem kesehatan, di antaranya nyeri sendi lutut.

GridHEALTH.id - Lutut terasa kaku dan nyeri dikeluhkan banyak orang.  Keluhan ini makin sering dialami oleh orang yang memasuki usia pertengahan atau 50 tahun ke atas. 

Menurut dokter spesialis ortopedi dan traumatology RS Jakarta, Adrian W. Tarigan, nyeri di bagian lutut merupakan salah satu gejala dari pengapuran tulang atau osteoarthritis.

Nyeri sendi, terangnya, terjadi ketika bantalan tulang rawan mengalami kerusakan sehingga bergesek dan menimbulkan rasa sakit ketika bergerak. 

"Penyakit ini dialami oleh semua individu. Sebenarnya tidak hanya di lutut, osteoarthritis juga bisa terjadi di bahu, panggul, bahkan tangan. Tapi memang keluhan paling sering ada di lutut," ujar dokter Adrian dikutip dari suara.com, Selasa (3/11/2015). 

Lebih lanjut , nyeri lutut paling sering terjadi karena kurangnya aktivitas fisik dan keseringan duduk. Ini membuat lutut tak banyak bergerak sehingga memicu kerusakan. 

"Sekarang banyak orang yang malas melakukan aktivitas fisik. Seharian bisa duduk di kantor, di kendaraan, pulang lalu tidur.

Baca Juga: Asam Urat Tinggi Menyerang, Salah Satu Gejalanya Adalah Nyeri Sendi

Baca Juga: Tragis, Bayi Lahir Tanpa Kepala Akibat Ibu Melahirkan Sendirian

Sendi di bagian lutut bisa dipakai hingga 140 derajat. Sayangnya orang hanya menggunakannya 85 derajat saja seharian, akhirnya menyebabkan nyeri sendi," imbuhnya.