Find Us On Social Media :

PBB: Covid-19 Akan Menghancurkan Negara-negara Termiskin Jika Negara Barat Tidak Bertindak

Mark Lowcock memperingatkan negara-negara kaya harus bertindak atau bersiap untuk

GridHEALTH.id - Ketika kasus virus corona nyaris mencapai 14 juta penduduk dunia, PBB memperingatkan atas tanggapan negara-negara di kawasan barat yang picik terhadap dampak Covid-19 dapat mengakibatkan 640 juta orang terinfeksi dan 1,7 juta orang terbunuh di negara-negara termiskin di dunia.

Temuan yang disiapkan untuk PBB oleh departemen ekonomi di Oxford dirancang sebagai panggilan untuk mempersenjatai para menteri keuangan G20 untuk bertemu akhir pekan ini.

Dilansir dari The Guardian, para pejabat PBB sangat prihatin bahwa ketika pandemi mereda di Eropa, dampak virus dan resesi global pada kaum termiskin di dunia sudah dilupakan.

Baca Juga: PBB: Dunia Mengobati Gejala Bukan Penyebab, Benarkah Lingkungan Berpengaruh Terhadap Pandemi Masa Depan?

Sebagian besar kemiskinan yang diproyeksikan di seluruh dunia akan datang dari langkah-langkah jarak sosial yang dibuat untuk mengurangi kematian tetapi bertanggung jawab untuk menghancurkan ekonomi lokal.

Baca Juga: Presiden AS Donald Trump Resmi Tarik Amerika Serikat dari WHO, Ketua DPR Nancy Pelosi Cemas Jutaan Nyawa Diprediksi Bisa Melayang

“Covid-19 dan resesi global terkait akan menimbulkan kekacauan di negara-negara rapuh dan berpenghasilan rendah. Pesan saya adalah bahwa kecuali negara-negara kaya dan G20 siap untuk bertindak sekarang kita harus siap untuk serangkaian tragedi manusia yang lebih brutal dan destruktif daripada dampak langsung pada virus itu sendiri.