Find Us On Social Media :

Penularan Virus Corona dari Ibu Penderita Covid-19 ke Bayi Tidak Terjadi Pada Saat Menyusui, Syaratnya Terapkan 2 Langkah Ini

Sebuah studi tentang bayi yang lahir dari ibu dengan Covid-19 pada saat melahirkan menemukan bahwa memakai masker membantu mencegah ibu dari menyebarkan virus mereka selama menyusui.

GridHEALTH.id - Penularan Virus Corona dari Ibu Penderita Covid-19 ke Bayi Tidak Terjadi Pada Saat Menyusui

Sebuah studi menunjukkan penggunaan masker dan membersihkan tangan dapat mencegah penularan virus corona dari ibu ke bayi.

Baca Juga: Rahasia Santri Positif Corona di Pondok Gontor 2 Cepat Sembuh, Meski Jumlahnya Sempat Melonjak

Ibu dengan Covid-19 saat melahirkan dapat menyusui bayinya tanpa menularkan virus, selama mereka mengambil tindakan pencegahan tertentu.

Sejauh ini, memakai masker saat menyusui dan membersihkan tangan sebelum memegang bayi merupakan langkah pencegahan yang bisa dilakukan demi menghindari virus corona yang dideritanya menyebar ke bayi mereka, sebuah studi baru menemukan.

Baca Juga: Penularan Bukan Dari ASI, Ibu Positif Virus Corona Tetap Bisa Menyusui

Melalui temuan ini, melansir Science News, sekaligus menambah bukti yang menunjukkan bahwa bayi jarang terinfeksi setelah lahir dan sakit parah akibat virus.

Penelitian ini dilakukan di tiga rumah sakit di New York City, A.S, dengan dokter yang mengidentifikasi 120 bayi yang lahir dari akhir Maret hingga pertengahan Mei untuk 116 wanita yang positif SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19.

Baca Juga: Maklumat WHO; Manfaat Menyusui Melebihi Potensi Risiko Penularan Covid-19, Ibu Positif Corona Harus Tetap Menyusui Bayinya

Setelah mengenakan masker bedah dan membersihkan tangan, para ibu bisa menggendong bayinya dalam satu jam pertama kelahiran.

Seperti diketahui, kontak kulit ke kulit dini meningkatkan ikatan dan menyusui dan memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Baca Juga: Tingkat Kesembuhan Covid-19 Naik Hampir 50 Persen, Presiden Jokowi: 'Penanganan Kesehatan Tidak Boleh Mengendur Sedikit Pun'