Find Us On Social Media :

Pemkot Tangerang Ikuti Jejak Pakai Terapi Plasma Darah Untuk Pasien, Jumlah yang Sembuh Makin Banyak

Walikota Tangerang Arief Wismansyah ingin terapi plasma darah diterapkan di daerahnya guna menyembuhkan korban Covid-19.

GridHEALTH.id -  Pemerintah Kota Tangerang bakal meniru penanganan pasien Covid-19 seperti di Secapa TNI AD, Bandung-Jawa Barat. Yakni dengan cara pengembangan terapi plasma darah untuk para pasien.

"Kemarin saat acara ketahanan pangan, saya sempat diceritakan penanganan pasien Covid-19 di Secapa TNI AD. Mereka kan 1.200-an orang, sekarang hanya tinggal seratusan, mereka cepat recovery salah satunya menggunakan metode plasma darah itu," tutur Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dikutip dari Liputan 6 (05/08/20).

Sementara di Kota Tangerang, dari 590 kasus Covid-19, kini tinggal 72 pasien yang masih dalam perawatan. Diharapkan metode terapi dengan terapi plasma darah pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 tanpa penyakit penyerta, bisa mempercepat penyembuhan para pasien.

"Agar penyembuhan cepat pulih, kita akan dorong pemanfaatan plasma darah yang sudah sembuh, mudah-mudahan bisa segera diinplementasi pasien yang ada di Kota Tangerang, sehingga proses recovery-nya cepat," imbuh Arief.

Baca Juga: Penting Diketahui, Berikut Manfaat dan Efek Samping Terapi Plasma Konvalesen

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sehat yang Dilakukan Untuk Menghindari Stroke di Usia Muda

 

Di Kota Tangerang sendiri, hanya PMI wilayah tersebut yang mempunyai alatnya. Kemudian, dalam waktu dekat, Arief akan memanggil narasumber agar mensosialisasikan metode plasma darah ini dengan tepat.