Find Us On Social Media :

Menyelami Manfaat Insiasi Menyusui Dini Bagi Ibu dan Bayi

Ilustrasi Inisiasi Menyusui Dini setelah melahirkan

GridHealth.id -Inisiasi menyusui dini (IMD) merupakan proses menyusui segera yang dilakukan dalam satu jam pertama setelah bayi lahir. Di masa satu jam pertama ini, terjadi fase kehidupan yang mempengaruhi proses menyusui.

Namun, masih banyak ibu yang terburu-buru, salah metode, atau bahkan melewatkan momen penting ini. Mungkin juga banyak dari para ibu yang bahkan tidak mengetahui bahwa durasi IMD minimal adalah selama satu jam.

Jika IMD dilakukan kurang dari satu jam, maka berisiko mengurangi manfaat IMD bagi bayi maupun ibu. Menurut Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Wiyarni Pambudi, terdapat sembilan tahapan yang perlu dilalui bayi selama proses IMD sebagai indikator keberhasilannya.

Tahap 1

Awalnya bayi menangis sebentar, tangisan kelahiran ini sangat khas - merupakan tanda paru mulai berfungsi.

Baca Juga: VIral Ambulans Bawa Pasien Kritis Dihalangi Mobil Kijang, Korban Pecah Pembuluh Darah

Tahap 2

Bayi memasuki tahap relaksasi sebagai proses adaptasi singkat untuk mengatur dan stabilisasi laju nafas, denyut jantung dan menjaga suhu tubuh bayi.

Tahap 3

Pada menit lima menit pertama bayi akan bangun dan terjaga.

Tahap 4

Di menit ke-4 hingga menit ke-12 bayi mulai bergerak, gerakan awalnya sedikit, mulai dari lengan, bahu dan kepala. Beberapa kali bayi mungkin ingin beristirahat sebelum memulai gerakan berikutnya.