Find Us On Social Media :

Jawa Tengah dan Jawa Timur Sumbang Angka Kematian Tertinggi, Pemerintah Daerah Didesak Perbanyak Tes Covid-19

Suasana tes PCR di Surabaya. Pemerintah daerah diimbau perbanyak lakukan tes untuk menekan angka kematian akibat Covid-19.

GridHEALTH.id - Terus melonjaknya angka kematian di Indonesia sejalan dengan meningkatnya kasus positif. Data Covid-19.go.id menunjukkan rata-rata jumah kematian naik 100 kasus setiap hari.

Data hari Minggu dikutip dari Kompas.com (06/09/2020) misalnya, provinsi Jawa Timur menjadi wilayah yang paling besar angka kematiannya yakni 2.515 disusul DKI Jakarta sebanyak 1.265 dan Sulawesi Selatan 370 kasus.

Pakar epidemiologi dari Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman, mengatakan kecepatan penyebaran virus sudah tak terbendung.

Jika tidak segera diatasi, tiap-tiap daerah yang memiliki angka positif menyimpan 'bom waktu' yang setiap saat bisa meledak.

"Jawa Tengah dan Jawa Timur ini kasus kematiannya 70% lebih tinggi dari kasus rata-rata nasional bahkan di banding DKI Jakarta," jelas Dicky Budiman dikutip dari BBC News Indonesia (06/09/2020).

Satu-satunya cara untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian, kata Dicky, dengan mengejar jumlah pengetesan tes Covid-19 sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Kuburan Khusus Korban Covid-19 Hampir Penuh di Seluruh Daerah, Epidemiolog Minta Pemerintah Siapkan Skenario Tarik Rem Darurat Untuk Mencegah Penularan

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengenali Bakat Anak Bantu Tumbuh Kembang Optimal

Ia mencontohkan Jawa Timur yang jumlah penduduknya hampir 40 juta, paling tidak harus melakukan pengetesan dengan CPR hingga 60.000 sehari.