Find Us On Social Media :

Ibu Dengan Rahim Transplantasi Pertama Melahirkan Bayi Sehat di Turki

Derya Sert, seorang wanita dari Turki yang melahirkan bayinya lewat transplantasi rahim.

GridHEALTH.id - Turki mencatat terobosan baru dalam sejarah obstetri dan ginekologi dimana seorang ibu yang menerima transplatasi rahim, melahirkan bayi lelaki yang sehat di kota Antalya (01/09/2020).

Perawatan intensif kepada si ibu telah dilakukan para dokter di sebuah rumah sakit yang sangat lengkap peralatannya, tiga bulan sebelum persalinan tiba.

Derya Sert menjadi penerima rahim pertama di dunia satu dekade lalu di Rumah Sakit Universitas Akdeniz di provinsi selatan Antalya.  Sert menerima 'rahim'nya dari seorang perempuan korban kecelakaan yang telah menjadi jenazah.

Bayinya yang diberi nama Ömer Özkan, yang diberi nama sesuai nama salah satu dokter, dipindahkan ke perawatan intensif setelah ia lahir.

Kemudian tetap berada di rumah sakit selama tiga bulan di unit intensif tersebut, dan akan dari rumah sakit dalam beberapa hari setelah pemeriksaan rutin selesai.

Baca Juga: Penantian 10 Tahun Terbayar Sudah, Zaskia Sungkar dan Irwansyah Umumkan Kehamilan Anak Pertama

Baca Juga: Klaster Keluarga Jadi Ancaman Baru Covid-19, Begini Cara Mencegahnya

Profesor Ömer Özkan di Departemen Medis Universitas Akdeniz mengatakan operasi transplantasi rahim yang dilakukan pada Juni 2010 lalu telah memakan waktu lebih dari tujuh jam, sampai akhirnya Sert secara alami melahirkan Ömer kecil pada tahun 2020.